Minggu, 19 Desember 2010

Segudang Manfaat dari si Buah Berbulu

Di makan langsung, dimasak, atau menjadi campuran salad buah, sebagai isian puding dan pie, dijus bersama buah-buahan lain, dicampur dalam es krim, menjadi topping untuk kue tart, ataupun pelengkap yogurt, itulah kreasi dari buah kiwi.

Prinsipnya, apa pun bisa dilakukan dengan buah kiwi. Si buah berbulu ini bisa dikreasikan dalam banyak sajian yang lezat penggugah selera, dan tentunya hidangan yang sehat.

Di Eropa, kiwi sering diolah dengan mencampurkan buah unik ini bersama masakan daging, unggas, ataupun ikan. Rasa buah kiwi yang segar bercampur sedikit masam, memang mampu memberikan sensasi ke segaran di mulut saat dikonsumsi.

Di dalam tubuh, konsumsi buah kiwi juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah kiwi membuat buah kiwi dapat meningkatkan antioksidan yang dibutuhkan setiap hari untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Kiwi juga mengandung pigmen klorofi l yang memiliki kemampuan mengikat zat penyebab kanker. Warna hijau pada kiwi juga menunjukan kandungan serat yang tinggi, sehingga konsumsi Kiwi sangat cocok bagi mereka yang tengah menjalani program diet.

Kandungan serat yang tinggi pada Kiwi juga membantu untuk mencegah kanker usus besar. Dalam saluran pencernaan, kiwi juga mengurangi rasa sebah dan kembung. Buah kiwi juga memiliki kandungan lemak rendah, sehingga menjadi sumber alami vitamin E yang merupakan antioksidan dan baik bagi kesehatan jantung.

Beberapa zat berguna lain adalah asam folat untuk mencegah cacat tulang belakang pada bayi, serta perkembangan otak dan kognitif anak, juga kalium dan potassium untuk menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung.

Memilih Kiwi

Seperti halnya jenis buahbuahan lainnya, sebaiknya buah kiwi ini dikonsumsi saat masih segar, karena saat masih segar inilah kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya belum hilang.

Saat terkena panas, kandungan vitamin dan mineral dalam buah kiwi menjadi sangat mudah rusak, sehingga kandungan nutrisinya menjadi tidak bisa terserap optimal.

Untuk mendapatkan khasiat yang terbaik, maka pilihlah buah kiwi yang beraroma harum, kulitnya bersih, mulus, tanpa noda atau memar, dengan tekanan yang agak empuk. Jangan pilih kiwi yang terlalu lembek, layu, dan terdapat memar atau noda di kulitnya.

Sedangkan untuk membantu mempercepat proses pematangan buah kiwi, ada baiknya menyimpan buah kiwi bersama dengan apel dan pisang dalam mangkuk buah ataupun kantong kertas.

Pasalnya, apel dan pisang akan memproduksi etilen yang akan mempercepat proses pematangan buah kiwi tersebut. Mengonsumsi kiwi merupakan pilihan sehat dan sangat bermanfaat untuk masalah kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah bersin, maupun batuk, terutama pada anak.

Bila ingin mendapatkan manfaat yang lebih efektif dari buah kiwi, ada baiknya konsumsi buah ini bersamaan dengan makanan lainnya.

Namun, perlu diingat, ketika mengonsumsi buah kiwi jangan dicampur dengan produk susu. Pencampuran kiwi dengan produk susu justru akan membuat produk makanan tersebut terasa pahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar